Selasa, 07 Juni 2016

KOTA KOTA TERTUA DI DUNIA

 Syria, Damascus, Altheimat

 Oleh: Tb.Aujani-

Kota yang berusia hingga ribuan tahun memiliki banyak kekayaan peninggalan sejarah baik arsitektur maupun artefak yang antik. Kota-kota tua tersebut memperlihatkan perkembangan peradaban manusia dari masa ke masa dengan banyak meninggalkan legenda. Terdapat beberapa persepsi mengenai kota tua di dunia, namun kota-kota seperti Damaskus, Alepo, dan Athena cukup dikenal sebagai kota tertua di dunia.

Berikut ini 5 kota tertua di dunia :


5. Byblos, Libanon
Byblos adalah kota tua yang terletak di negara Libanon. Kota ini telah dihuni manusia sejak 5.000 tahun yang lalu. Byblos terkait dengan pengembangan alfabet Punisia, yang sampai sekarang masih digunakan. Kota Byblos adalah tujuan populer bagi wisatawan untuk melihat benteng-benteng dan kuil-kuil kuno dan indah yang menghadap ke Mediterania. Di kota ini kita dapat merasakan seakan-akan hidup di masa lampau.


4. Athena, Yunani
Rhodes, Greece, Temple Of Athena
Athena adalah ibu kota negara Yunani saat ini. Menurut para ahli sejarah kota ini telah dihuni sejak 7.000 tahun yang lalu. Pusat sejarah kota ini terletak di Acropolis, di sana terdapat beberapa peninggalan sejarah kuno berupa reruntuhan bangunan di masa lalu. Athena juga menjadi pusat penelitian arkeologi, yang banyak ditemukan peninggalan-peninggalan sejak zaman Romawi, Byzantium, dan Turki Utsmani.


3. Damaskus, Syiria
Syria, Damascus, Altheimat
Damsakus adalah kota terbesar sekaligus menjadi Ibu kota negara Syiria, saat ini Damaskus memiliki populasi sekitar 4 juta jiwa. Menurut ahli sejarah kota ini telah dihuni sejak 8.000 tahun yang lalu, walaupun waktu yang tepat masih diperdebatkan. Damaskus diakui sebagai kota tua yang terus terus dihuni hingga saat ini. Sejak zaman dahulu Damaskus adalah pusat administrasi suatu pemerintahan. Romawi, Bysantiyum, dan Dinasti Umayyah. Membuat kota ini meninggalkan berbagai peradaban seperti  Helenistik, Romawi, Bizantium dan Islam, sehingga banyak ditemukan arsitektur kuno peninggalan masa lalu.


2. Aleppo, Syiria
 City View, Quote Elle, Aleppo
Aleppo yang terletak di provinsi Halab adalah sebuah kota terbesar kedua di Syiria, Letak kota ini terletak sangat strategis di pusat jalur Sutra yang menghubungkan Asia dan Mediterania. Menurut sejarah kota ini telah dihuni lebih dari 8.000 tahun, tapi berdasarkan penemuan arkeologi menunjukkan bahwa kota ini telah dihuni sejak 13.000 tahun silam. Pada berbagai zaman, Aleppo dikuasai oleh Romawi, Bizantium, Dinasti Umayyah, Abbasiyah, dan Turki Utsmani, sehingga terdapat perpaduan gaya arsitektur. 


1. Jericho, Palestina
 Old Mill, Vermont, Jericho, Architecture
Jerikho adalah sebuah kota kecil yang terletak di Palestina, dengan jumlah populasi sekitar 20.000 jiwa. Kota ini desebut di dalam Alkitab Ibrani sebagai Kota Palm Trees. Berdasarkan penggalian arkeologi telah menemukan bukti bahwa tempat ini telah dihuni oleh manusia sejak 11.000 tahun yang lalu, dengan setidaknya 20 pemukiman pada awalnya.

Demikianlah sederet nama-nama kota tertua di dunia yang  rangkum dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar